Mekanik Terbaik di Formula 1; Adrian Newey

Formula 1 (F1) merupakan lomba balapan formula (single-seater) paling bergengsi di jagat ini. Penulis merupakan pemerhati F1 pada lima tahun terakhir. Perkembangan serta inovasi yang dilakukan oleh para tim yang mengikuti ajang ini dari tahun ke tahun semakin beragam. Sebuah tim balap F1 merupakan satu kesatuan yang saling sekuensial bekerja sama satu sama lain. Mulai dari pembalap, mekanik, tim desain serta perencanaan mobil, sampai tim pit stop pun akan sangat menentukan bagaimana hasil akhir dari sebuah lomba yang diikuti tim balap F1. Dua tahun terakhir, lomba balap ini terancam kolaps akibat efek dari krisis finansial global. Dampaknya, beberapa tim pabrikan seperti Toyota dan Honda mengundurkan diri dari ajang ini.

Kemenangan merupakan salah satu hal mutlak dari setiap perlombaan. Entah kalah satu detik atau satu menit, kekalahan tetaplah kekalahan di setiap lomba balap. Di atas lintasan, peran pembalap sangat pentig dalam menggeber jet darat ini secepat mungkin. Namun, satu hal yang tak kalah penting adalah siapa mekanik yang terlibat dalam perencanaan mobil dalam satu periode tahun balapan. Salah satu mekanik legendaris yang dimiliki F1 sampai saat ini adalah Adrian Newey.

Adrian Newey

Sepak terjang priakelahiran 26 Desember 1958 ini sudah tidak diragukan lagi. Tiga tim balap berbeda telah diantarkannya menjadi juara dunia konstruktor. Mobil-mobil hebat nan canggih mampu dibuat mekanik berkewarganegaraan Inggris ini mampu menjadi mobil yang mendominasi setiap  balapan.

Oke, kita cek satu per satu mobil yang telah dirancang pria lulusan jurusan aeronautics and austronotics dari University of Southampton ini.

Williams FW19

Williams FW19

Mobil ini mengantar pembalap utama tim Williams saat itu, Jacques Villeneuve, menjadi juara dunia. Kombinasi kerja antara Patrick Head dengan Adrian Newey menghasilkan mobil yang luar biasa pada saat itu. Untuk spesifikasi lengkap, klik disini

Mclaren MP4/13

Mobil di atas mungkin mobil terbaik yang pernah didesain oleh sang mekanik. Di tim Mclaren-Mercedes dengan duo pembalap Mika Hakkinen dan David Coulthard, mobil ini sangat dominan di setiap lomba. Mesin Mercedes yang dipakai pun sangat powerful, membuat kombinasi mesin-chassis yang hampir sempurna untuk mengantarkan Mika Hakkinen ke podium juara dunia tahun 1998 dan menjadikan Mclaren menjadi juara konstruktur pada tahun yang sama. Sejarah dan spesifikasi lengkap, klik disini

Redbull RB6

Redbull RB6

Here we are! Mobil yang mengantarkan the next Michael Schumacer yaitu Sebastian Vettel menjadi juara dunia 2010 sangat spektakuler. Konsistensi serta aerodinamika mobil menjadi kekuatan utama mobil ini dalam setiap perlombaan. Memakai mesin Renault RS27-2010 2,400 cc yang jarang rewel, mobil ini mampu bersaing dengan Ferrrari F10 serta Mclaren MGP W01.

Di tahun 2011 ini, mobil Redbull RB7 melanjutkan tren yang sama dengan Redbull RB6. Berbagai inovasi dilakukan Adrian dengan timnya untuk menjadikan mobil RB7 ini lebih unggul sampai saat ini. Inovasinya sebagai berikut.

Inovasi terakhir menimbulkan pro-kontra dengan tim balap lain. FIA melarang inovasi tersebut karena disinyalir karena tim besar seperti Mclaren dan Ferrari tidak bisa menerapkan inovasi itu secara baik (kompas.com)

Kompetisi balap F1 2011 belum berakhir. Kompetisi akan semakin seru. Kita lihat kelanjutannya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s