Selamat, calon Sarjana Pertanian!

Yup, judul di atas ditujukan kepada rekan-rekan mahasiswa fakultas pertanian di seluruh Indonesia. Beberapa tahun ke depan, fokus utama pemerintah adalah pada ketahanan pangan dan energi, disamping masalah kemiskinan dan pendidikan. Hal ini disampaikan salah satu Dirjen Kementerian ESDM pada salah satu seminar ekonomi di FEUI.

Kenapa demikian?

Karena pangan dan sumber daya mineral tak terbarukan saling terkait satu sama lain. banyak negara terancam krisis pangan karena supply pangan tidak bisa mengimbangi demand makanan dari ledakan masyarakat. Energi terbarukan berbasis karbohidrat seperti biofuel akan memiliki opportunity cost pada kesediaan bahan makanan yang dijadikan bahan baku pembuatan biofuel.

Otomatis, peluang lulusan pertanian berkontribusi untuk menciptakan bahan makanan baru semakin terbuka. Tidak tertutup kemungkinan peluang mencari pekerjaan di bidang ini sangat lebar di masa depan. Bahkan, seorang penanggap di seminar tersebut yang juga dosen FEUI jelas-jelas mengatakan bahwa anaknya kelak akan dia masukkan ke fakultas pertanian.

Secara pribadi, penulis sangat mendukung hal ini. Pertama, sektor pertanian merupakan sektor yang mendominasi sebagian tenaga kerja di Indonesia, namun tingkat produktifitas sektor ini terendah dari sektor-sektor lainnya seperti jasa, manufaktur, atau industri. Kedua,tingkat kemiskinan di desa dalam dua dasawarsa terakhir menunjukkan tingkat kemiskinan di desa lebih tinggi daripada di kota. Apabila pemerintah serius untuk menangani masalah ketahanan pangan dan mewujudkan swasembada beras, maka ini adalah peluang bagi para S.T.P (sarjana teknologi pertanian) untuk membenahi ketahanan pangan di negeri ini. Hal ini bisa berhasil apabila para S.T.P mau kembali membangun perekonomian desa. Mengutip jargon Gubernur Jateng mBali nDeso, mBangun nDeso, niscaya swasembada beras dan ketahanan energi akan terlaksana secara simultan tercapai dan Indonesia terbebas dari krisis pangan dan energi. Semoga

Hola!
Hmfph, Iโ€™m so sorry my blog, udah jarang nulis sampe di pojok2kan ada sarang laba-labanya hehe.. Sebagai penebus kesalahan, tema blog ini gw ganti biar keliatan fresh.It was busy few months ago. Ngebet pengen nulis tapi baru kesampaian sekarang. Thereโ€™re a lot of things happened. Need a time to reconstruct it ๐Ÿ™‚

Yup, sejak libur lebaran, kuliah yang membosankan menyenangkan mulai lagi. Masuk tahun ketiga di kuliah ini (it means tahun depan adalah tahun depan gw kuliah, so sad ๐Ÿ˜ฆ ) semester ini gw ngambil 18 sks dari total maksimal 21 sks. Yah, biar otot saraf gw relaksasi sejenak yaa, dan diitung-itung masih bisa lulus 3,5 tahun juga kok ๐Ÿ˜€ Walaupun masih labil dengan konsentrasi apa yang mau diambil, tapi udah ada bayangan dikit soal future opportunities dari masing2 konsentrasi.

Ohya, sebelum lupa I would to say congratulation for my lit brother passing the best computer science faculty in UI (yaiyalah la cuma satu fakultas doang hehe) through SNMPTN Undangan ๐Ÿ™‚ย  Good luck and do your best bro! Stay exercising with your basketball buddies, semoga ntar menang lawan FE ๐Ÿ˜€

Alhamdulilah di OIM Quiz kemarin bisa nyumbangin emas buat kontingen and finally FE jadi juara umum OIM yeay! Dengan sedikit kericuhan karena panitianya kurang professional, FE akhirnya bisa jadi juara sejati, ga cuma juara yang dapet medali.

Little things changed, actually. Beberapa waktu lalu ada adik kelas SMA (cowok) yang kuliah di ITS kecelakaan motor di Pasuruan. He passed away. Seminggu yang lalu dapet berita lewat grup FB adik kelas SMA (cewek) juga yang terjangkiti penyakit langka, Guille Bairre Syndrom (cmiiw). Buat yang terakhir ini, penyakitnya agak ngeri juga, langsung nyerang tanpa ada tanda2. Katanya om gugel, GBS bisa buat pasiennya jadi paralysis (baca:lumpuh) karena penyakit ini menyerang autoimun si pasien di bagian nervus (syaraf). Paling parah kalo syaraf di bagian paru2 lumpuh tiba2 dan pasien bisa gagal napas. Buat yang mau mendonasikan sebagian rezekinya, silahkan klik link ini

Oke, that enough for today. Lain kali gw posting lagi. Finally, Iโ€™m elsa, Iโ€™m single, and Iโ€™m happy ๐Ÿ˜€