Selamat, calon Sarjana Pertanian!

Yup, judul di atas ditujukan kepada rekan-rekan mahasiswa fakultas pertanian di seluruh Indonesia. Beberapa tahun ke depan, fokus utama pemerintah adalah pada ketahanan pangan dan energi, disamping masalah kemiskinan dan pendidikan. Hal ini disampaikan salah satu Dirjen Kementerian ESDM pada salah satu seminar ekonomi di FEUI.

Kenapa demikian?

Karena pangan dan sumber daya mineral tak terbarukan saling terkait satu sama lain. banyak negara terancam krisis pangan karena supply pangan tidak bisa mengimbangi demand makanan dari ledakan masyarakat. Energi terbarukan berbasis karbohidrat seperti biofuel akan memiliki opportunity cost pada kesediaan bahan makanan yang dijadikan bahan baku pembuatan biofuel.

Otomatis, peluang lulusan pertanian berkontribusi untuk menciptakan bahan makanan baru semakin terbuka. Tidak tertutup kemungkinan peluang mencari pekerjaan di bidang ini sangat lebar di masa depan. Bahkan, seorang penanggap di seminar tersebut yang juga dosen FEUI jelas-jelas mengatakan bahwa anaknya kelak akan dia masukkan ke fakultas pertanian.

Secara pribadi, penulis sangat mendukung hal ini. Pertama, sektor pertanian merupakan sektor yang mendominasi sebagian tenaga kerja di Indonesia, namun tingkat produktifitas sektor ini terendah dari sektor-sektor lainnya seperti jasa, manufaktur, atau industri. Kedua,tingkat kemiskinan di desa dalam dua dasawarsa terakhir menunjukkan tingkat kemiskinan di desa lebih tinggi daripada di kota. Apabila pemerintah serius untuk menangani masalah ketahanan pangan dan mewujudkan swasembada beras, maka ini adalah peluang bagi para S.T.P (sarjana teknologi pertanian) untuk membenahi ketahanan pangan di negeri ini. Hal ini bisa berhasil apabila para S.T.P mau kembali membangun perekonomian desa. Mengutip jargon Gubernur Jateng mBali nDeso, mBangun nDeso, niscaya swasembada beras dan ketahanan energi akan terlaksana secara simultan tercapai dan Indonesia terbebas dari krisis pangan dan energi. Semoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s