This Morning Lesson

Dulu, kampus jadi besar karena kesuksesan mahasiswanya. Sekarang, mahasiswa ingin sukses karena nama besar kampusnya.” (f*ckyeahmahasiswa.tumblr.com)

Ada sedikit benarnya juga jika merenungi kalimat di atas. Sebagian besar mahasiswa Indonesia modern, termasuk saya, dulu bermimpi diterima dan menuntut ilmu di salah dua Indonesia’s Big Three Campusses. Bukan karena alasan lain kecuali di CV-nya nanti riwayat pendidikannya tertulis institusi pendidikan bergengsi serta agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, sebagian (calon) mahasiswa lebih idealis dalam memilih pendidikan untuk masa depannya. Idealis dalam arti ketika ada seleksi masuk, mereka tidak mempertimbangkan strategi dalam pemilihan perguruan tinggi daripada jurusan apa yang diminatinya. Well, reputasi suatu perguruan tinggi berkaitan erat dengan lulusan-lulusannya, tapi ingat sekarang lulusan-lulusan perguruan tinggi negeri yang memiliki reputasi baik banyak yang mengajar tidak hanya di almamaternya saja.

So, mari kita menjadi almamater yang mampu bersaing dengan lulusan dari kampus-kampus berkualitas lainnya, tidak hanya dengan kampus domestik, tetapi juga dengan kampus luar negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s