Soda

Siapa sih orang yang gak mau dibeliin minuman bersoda, misalnya kayak Coca-C*la, Big C*la, P*psi, etc. Nama pertama dan terakhir memang harganya lebih mahal daripada nama kedua. Nah, sejak kemunculan nama kedua, gw terkadang minum minuman bersoda paling enggak seminggu satu botol. Harga satu botol volume 635 ml aja cuma 3000 rupiah, gimana gak mau beli, rasanya juga gak beda jauh sama minuman bersoda lainnya.

Oke, gw tau ini jangan sampe dijadiin kebiasaan. Bapak sudah sering bgt njelasin bahayanya, salah satunya cerita soal anak temennya yang sampai gagal ginjal gara-gara setiap hari minum minuman bersoda. Selain itu juga gak baik buat kesehatan dompet gw kalo keseringan beli, hehe..

Gw pernah minum minuman bersoda sehabis buka puasa tanpa makan makanan berat apapun sebelumnya. Gw inget juga dulu jaman SD pas jaga toko kakek nenek gw selalu ditawarin minum Spr*te (minuman bersoda juga, sejenis dengan Coca-C*la), tapi harus udah makan nasi dulu. Yah, yg namanya anak kecil dulu nurut ajee, takut kualat😀 agak besar dikit udah mulai ngerti kenapa harus makan nasi dulu (gak harus nasi sih, tapi makanan ‘berat’). Well, setelah berbuka puasa, pas pulang ke kosan mampir dulu ke toko langganan buat beli Big C*la, tanpa babibu langsung gw buka dan minum. No effect yet in my stomach. Setelah sampe kosan, mulai deh kerasa mual-mual, perut rasanya gak enak. Argh, skrg baru tau deh kenapa harus makan dulu…

Experience is the best teacher and learner.

Untungnya gw gak punya maag, so gw langsung nyamil makanan yg ada di kosan biar lambung gw ada kerjaan dan buat meminimalisir reaksi sodanya. Ternyata, kemarin gw baru tau soda itu banyak dampak negatifnya kalo terlalu sering diminum, terutama bisa nyebabin DM (Diabetes Mellitus) sama jantung, kalo OB (obesitas a.k.a kegendutan) gw gak seberapa takut :p

Saran gw, bagi siapa saja yang masih minum soda atau minuman kaleng, please kurangi konsumsi anda terhadap minuman2 itu. Alasan2nya udah dijelasin di atas, tapi kalo anda masih nekat, gw kasih alasan yg lebih konkrit lagi di bawah. Sayangi pankreas, jantung, ginjal serta dompet anda😀

Tapi apa yang terjadi jika Anda minum soda terlalu sering atau malah setiap hari? Seperti dikutip dari Shine Senin (20/6), inilah empat dampak minum minuman bersoda terlalu sering:

1. Tambah gendut

Di Amerika Serikat, sederet penelitian membuktikan secara ilmiah bahwa minuman bersoda menjadi penyebab obesitas atau kelebihan berat badan. Banyak anak kecil, remaja bahkan dewasa memiliki tubuh yang gendut akibat terlalu sering minum soda.

2. Diabetes tinggal menghitung waktu

Orang yang minum soda setiap hari memiliki risiko mengidap diabetes hingga dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang atau tak pernah minum minuman bersoda.

3. Berisiko mengalami serangan jantung

Selain diabetes, seseorang yang minum minuman bersoda setiap hari, dalam empat tahun memiliki risiko terkena serangan jantung 40 persen lebih tinggi ketimbang yang tidak. Bukan cuma itu, kadar kolesterol jahat pun ikut naik akibat konsumsi soda berlebihan.

4. Menderita berbagai gangguan kesehatan

Minuman bersoda tak hanya mengandung kadar gula yang tinggi, tapi juga kafein. Beberapa ahli mengatakan, jika minuman bersoda sudah jadi bagian dari “gaya hidup”, maka efeknya akan tak jauh beda dengan obat-obatan terlarang. Alhasil jangan heran jika akan ada organ-organ vital tubuh yang mengalami gangguan fungsi.

sumber

Semoga Bermanfaat!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s