Membunuh dengan Sekali Pukul

Jujur saya bukan orang pintar ataupun jenius tapi juga tidak bodoh-bodoh amat. Niatnya juga uji nyali buat ikutan acara ini, eh gak taunya ilmu yang saya miliki saat itu bisa membuat saya duduk di salah satu posisi finalis.

Di final pun lawannya pasti lebih pintar dari saya, didominasi oleh angkatan 2010, cuma empat anak angkatan 2009, tidak ada 2008 (kasian :p).Babak demi babak dilewati di fase final, nilai saya pun bukan termasuk yang tertinggi. Masuk ke babak akhir di final, nothing to lose aja, udah ngerasa gak mungkin menang lagi. Di pertanyaan terakhir, nilai saya cuma 560, peserta lainnya bahkan lebih tinggi daripada nilai saya, ada yang mencapai angka 1000an. Oke, saya anggap ini pertandingan; kalau kamu tidak berpikir cerdas dan berani, maka kamu jadi pengecut, kalau  kamu berani mempertaruhkan SEMUA YANG KAMU PUNYA dan MENYINKRONKAN HATI SERTA PIKIRANMU, kamu akan menang.

Saya sangat berterima kasih sama panitianya karena menaruh soal visi FEUI di pertanyaan pamungkas. Beberapa hari sebelum saya ikut babak final, saya sempatkan untuk meng-upload konten yang diperlukan untuk website resmi Departemen Ilmu Ekonomi FEUI, salah satunya tentang visi-misi FEUI.

Sebelum menjawab pun, saya pasrah sambil mengucap sholawat nabi berulang-ulang. Saya tidak sepenuhnya gambling sebelum menjawab, tapi saya juga berhitung; menghitung peluang saya menjawab benar, menghitung peluang peserta lain untuk menang, dan menghitung berapa banyak orang yang akan terkejut ketika saya menjadi pemenang (ini guyon :D).

Ini yang saya namakan “cara elegan untuk mengalahkan musuh; membunuh dengan sekali pukul

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah  sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi… (Q.S. Ali imran: 191)

Saya berjanji untuk menyedekahkan minimal 20% uang hadiah yang saya terima nanti, Insya Allah.

4 thoughts on “Membunuh dengan Sekali Pukul

Leave a Reply

