Kondisi Timnas dan Pencalonan pada Piala Dunia 2022

Kekalahan 0-2 Timnas sepak bola Indonesia dari Oman pada tanggal 6 Januari 2010 di Gelora Bung Karno mengakhiri perjuangan Indonesia untuk masuk ke babak putaran final Piala Asia 2011 di Qatar. Hal ini juga menghentikan sejarah Indonesia yang selalu lolos babak putaran final sejak tahun 1996. Evaluasi menyeluruh harus dilakukan di tubuh PSSI sebagai induk sepak bola nasional akibat kekalahan memalukan di kandang sendiri. Ini juga berkaitan dengan pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 mendatang. Apakah pantas Indonesia berlaga dan bersaing dengan negara-negara adidaya sepak bola apabila di tingkat Asia bahkan Asia Tenggara saja Indonesia tidak bisa berbuat apa-apa.

Dalam pertandingan tersebut, pihak penyelenggara juga kecolongan dengan masuknya ‘pemain’ ke-23 ke dalam lapangan. Ini membuktikan bahwa Indonesia belum siap betul dalam penyelenggaraan event sebesar Piala Dunia. Bagaimana akan mengatur hooligans bengal dari Inggris apabila mengawasi penonton negara sendiri saja tidak mampu. Waktu 12 tahun bukan waktu yang lama bagi masyarakat Indonesia secara umum untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia karena yang perlu dibenahi dari penonton maupun pemain timnas kita adalah mental dan motivasi.

Upaya pencalonan tuan rumah Piala Dunia memang harus kita apresiasi, namun PSSI juga harus realistis dengan kondisi pesepakbolaan negeri ini serta belum dewasanya penonton Indonesia serta pesaing-pesaing yang memiliki tim sepak bola dan infrastruktur yang memadai untuk menggelar event sebesar Piala Dunia. Selain itu, pencalonan ini juga memakan biaya yang tidak sedikit. Akan lebih baik dana pencalonan tersebut digunakan untuk pembinaan pesebakbola junior negara ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s